Jasa Wastafel Mampet

Penyebab Wastafel Mampet dan Cara Anti Ribet Mengatasinya

Masalah wastafel mampet mungkin menjadi salah satu hal yang cukup merepotkan. Bagaimana tidak, wastafel yang mampet akan membuat air di menggenang dan kadang menimbulkan bau yang tidak sedap. Kondisi ini tentu selain membuat Anda merasa tidak nyaman, juga membuat lingkungan di sekitar wastafel menjadi terkesan kotor dan kumuh.

Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanggil jasa pembersih wastafel yang mampet. Memang, Anda bisa saja berusaha membersihkannya sendiri. Namun, di kondisi tertentu, wastafel yang mampet cenderung susah untuk diatasi, terlebih jika drainase wastafel bermasalah.

Namun, sebelum berbincang tentang jasa untuk mengatasi masalah wastafel yang mampet, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab masalah ini untuk melakukan antisipasi. Apa saja penyebabnya? Simak beberapa ulasan di bawah ini!

Ragam Penyebab Wastafel Mampet Untuk Diketahui

Perlu diketahui, ada beberapa penyebab wastafel mampet yang bisa menjadi sumber masalah. Pengetahuan tentang penyebab masalah ini tentu perlu agar Anda bisa terhindar dari masalah wastafel mampet di rumah.

Beberapa penyebab wastafel mampet secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Sampah Sisa Makanan

Salah satu fungsi wastafel yang sering digunakan adalah sebagai tempat untuk mencuci piring, gelas, panci dan peralatan masak lainnya. Sayangnya, banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk saat mencuci alat masak tersebut yaitu dengan membuang sampah sisa makanan di wastafel.

Memang, ada teknologi terbaru dari wastafel yang dilengkapi dengan mesin pelebur sampah. Namun, tentu tidak semua wastafel sudah dilengkapi mesin tersebut. Bahkan, tidak semua wastafel yang juga dilengkapi penyaring sisa makanan di bagian leher lubang drainase.

Sampah yang dibuang di wastafel akan menutupi lubang drainase pada wastafel. Terlebih jika sampah tersebut termasuk sampah yang bisa menempel dan berkerak di dinding-dinding drainase wastafel. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka aliran air drainase akan terhambat dan wastafel akan menjadi mampet.

Oleh karenanya, Anda perlu mengubah kebiasaan buruk ini. Jangan membuang sisa makanan seperti nasi, tulang, sayuran, daging dan lainnya terutama yang memiliki ukuran besar di dalam wastafel.

2. Minyak Goreng

Apakah Anda sering membuang sisa minyak goreng ke lubang wastafel? Jika ya, maka sebaiknya Anda menghentikannya sekarang. Minyak goreng termasuk salah satu bahan yang bisa menjadi penyebab wastafel mampet.

Tetapi, bukankah minyak goreng adalah cairan yang akan langsung larut dan terbuang di penampungan?

Memang, minyak goreng adalah cairan yang bisa mengalir di drainase wastafel. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa minyak goreng sisa yang dibuang tersebut bisa berubah menjadi gumpalan lemak. Apabila hal ini terjadi, maka saluran drainase wastafel akan tersumbat. Terlebih di cuaca yang dingin di mana minyak goreng akan cenderung lebih cepat membeku.

3. Serangga

Jika lingkungan dapur, terutama wastafel Anda tergolong lembab, maka Anda harus waspada dengan serangga. Ya, serangga terkadang menjadikan lubang drainase wastafel yang lembab sebagai tempat hidup. Beberapa serangga memang bisa bertahan hidup dalam kondisi tersebut.

Nah, tidak hanya jijik dan mengerikan, kehadiran serangga juga bisa menjadi penyebab dari masalah wastafel di rumah Anda. Ya, jika serangga-serangga tadi terbuang di lubang drainase wastafel, maka akan menyebabkan wastafel menjadi mampet dan aliran air menjadi tidak lancar.

Selain itu, serangga tadi juga bisa menjadi sumber penyakit yang harus diwaspadai. Beberapa penyakit seperti diare, gangguan pencernaan dan lainnya muncul dikarenakan serangga.

4. Sabun

Hal lain yang menjadi sebab dari wastafel yang mampet adalah sabun yang terbuang di lubang pembuangan wastafel. Memang, kejadian ini sudah cukup sering terjadi dan beberapa orang belum mengetahuinya.

Bukankah sabun bisa mencair dan kemudian larut bersama air?

Sabun memang sesuatu yang bisa mencair dan larut. Namun, senyawa basa pada sabun cenderung lebih mudah bergabung dengan senyawa-senyawa lainnya. Dalam waktu yang cukup lama, gabungan dari senyawa tersebut bisa menghasilkan endapan yang akan menutup saluran drainase dari wastafel yang Anda miliki.

Oleh karenanya, Anda sebaiknya membiasakan diri untuk menggunakan sabun cair yang cenderung lebih aman. Selain itu, hindari kebiasaan untuk membuang sisa sabun di lubang wastafel.

5. Pipa yang Tidak Berkualitas

Masalah wastafel yang mampet juga bisa terjadi karena penggunaan pipa yang tidak berkualitas. Faktor pipa ini sangat penting untuk diperhatikan karena berhubungan dengan pemakaian wastafel dalam waktu yang lama.

Cukup banyak orang yang menggunakan pipa murah karena alasan penghematan. Padahal, pipa yang terbuat dari bahan plastik akan cenderung lebih mudah rusak dan tidak tahan panas. Kondisi ini bisa jadi akan membuat pipa memuai dan nantinya akan menutup saluran pembuangan wastafel.

Dalam hal ini, untuk menghindari masalah wastafel mampet karena pipa, Anda sebaiknya menggunakan pipa berkualitas yang dibuat dengan bahan resin. Memang, harga pipa resin cenderung lebih mahal.

wc mampet bandung

Nah, beberapa poin di atas adalah sebab kenapa masalah wastafel mampet bisa muncul di rumah Anda. Ketahui beberapa sebab tersebut dan hindari agar masalah yang merepotkan ini tidak terjadi.

Solusi Awal Mengatasi Masalah Wastafel Mampet

Jika wastafel di rumah Anda mampet karena beberapa hal, Anda bisa melakukan langkah penanganan awal yang bisa dikatakan cukup mudah. Langkah ini tentu bisa menjadi pilihan sebelum Anda memutuskan memanggil jasa wastafel mampet untuk penanganan yang lebih serius.

Beberapa solusi awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah wastafel mampet diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Menyiram Air Panas

Salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah wastafel yang mampet adalah dengan menyiramkan air panas. Solusi ini cocok untuk wastafel yang memiliki saluran terbuat dari alumunium. Jika saluran wastafel di rumah Anda terbuat dari bahan plastik, maka Anda jangan melakukan cara ini karena akan membuat saluran menjadi rusak.

Untuk menggunakan cara ini, Anda hanya perlu merebus air hingga mendidih. Jika sudah, tuangkan air yang mendidih tersebut beberapa kali ke lubang drainase wastafel Anda yang mampet. Air mendidih nantinya akan melarutkan sisa-sisa makanan atau sampah yang menempel di dinding saluran yang menyebabkan wastafel mampet.

2. Menggunakan Baking Soda

Baking soda juga bisa dijadikan solusi alternatif untuk mengatasi masalah wastafel yang mampet. Baking soda atau yang juga dikenal dengan soda kue ini memiliki kemampuan untuk melarutkan lemak dan zat lain yang menempel di dinding saluran pembuangan wastafel.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah wastafel mampet dengan menggunakan baking soda?

Cara yang perlu dilakukan pun terbilang sangat mudah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menyiapkan satu cangkir baking soda dan mendidihkan air secukupnya.

Jika kedua bahan tersebut sudah siap, tuangkan baking soda ke dalam lubang wastafel yang mampet. Setelah itu, tuang perlahan air panas yang sudah direbus hingga mendidih tadi. Diamkan selama 10 menit.

Taburkan lagi baking soda ke dalam lubang pembuangan drainase dan siram dengan air panas lagi. Lakukan beberapa kali hingga saluran wastafel Anda tidak mampet lagi,

3.Menggunakan Tongkat Penyedot
Pernah melihat tongkat penyedot yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah saluran yang mampet? Nah, Anda juga bisa menggunakan alat ini untuk mengatasi wastafel yang mampet di rumah Anda. Dengan menggunakan tongkat penyedot, bisa jadi sisa-sisa makanan yang menghambat aliran air akan luruh dan terbuang.

Untuk menggunakan tongkat penyedot, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan sebelumnya. Pertama, oleskan terlebih dahulu gel di bagian sisi karet dari tongkat penyedot tersebut. Tujuan dari poin ini adalah agar karet tongkat penyedot bisa menempel dengan lebih baik di penampang wastafel Anda.

Setelah itu, penuhi wastafel dengan air, namun jangan sampai menggenang. Nah, pasang tongkat penyedot di lubang wastafel lalu gerakan tongkat tersebut naik dan turun. Dengan cara ini nantinya kotoran yang menyumbat saluran wastafel akan terbawa naik dan bisa dibersihkan dengan lebih mudah.

4. Menggunakan Garam

Cara lain yang juga cukup efektif untuk mengatasi masalah wastafel yang mampet sebelum memanggil jasa professional adalah dengan menggunakan garam. Ya, meskipun tampak sepele dan sederhana, garam nyatanya bisa dimanfaatkan dan menjadi alternatif yang murah meriah untuk mengatasi masalah wastafel mampet.

Nah, untuk mengatasi wastafel mampet dengan garam, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebelumnya.

Pertama, campur beberapa jumput garam yang sudah dihaluskan dengan soda kue. Aduk hingga merata dan langsung masukkan campuran tadi ke lubang wastafel yang mampet.

Selanjutnya, tuang air mendidih ke dalam lubang wastafel tersebut dan tunggu sekitar 15 menit. Jika kedua bahan sudah bereaksi, maka tutup bagian atas dari saluran wastafel Anda dengan menggunakan panci, mangkuk atau piring. Nah, tuangkan sekali lagi air panas untuk mendorong sisa kotoran penyebab wastafel mampet ke lubang pembuangan.

5. Menggunakan Lemon

Siapa yang tidak tahu buah yang satu ini? Lemon termasuk buah yang cukup digemari karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan juga menyegarkan. Karena kandungan nutrisi inilah lemon banyak dimanfaatkan sebagai doping alami agar tubuh tidak mudah sakit.

Nah, selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum, lemon juga bisa dijadikan bahan untuk mengatasi masalah wastafel yang mampet. Lantas, bagaimana caranya?

Sebagaimana disinggung di awal, salah satu penyebab dari masalah wastafel yang mampet adalah lemak yang menumpuk dan berasal dari minyak goreng sisa yang dibuang di dalam saluran wastafel. Nah, lemon memiliki kemampuan yang unik yang bisa melarutkan lemak-lemak tersebut serta memecah kotoran yang menempel menjadi lebih kecil.

Cara penggunaannya pun cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu mengiris satu buah lemon menjadi dua bagian. Peras lemon tersebut langsung di atas saluran wastafel Anda atau gosok bagian atas saluran wastafel hingga air lemon terperas dan masuk ke dalam saluran pembuangan tadi.

Diamkan selama beberapa menit dan kemudian tuang air bersih untuk membilas. Dengan menggunakan lemon, selain masalah wastafel mampet bisa diatasi, wastafel di rumah Anda pun akan menjadi lebih bersih dan harum.

6. Menggunakan Cuka

Cuka juga bisa dijadikan solusi awal untuk mengatasi masalah wastafel yang mampet. Dalam hal ini, Anda bisa mencampurkan cuka dan soda kue yang nantinya akan menjadi campuran andal untuk melumat kotoran yang menyebabkan wastafel mampet.

Nah, untuk menggunakan cara ini, ada beberapa langkah sederhana yang perlu dilakukan.

Pertama, taburkan soda kue ke bibir lubang drainase wastafel yang mampet secukupnya. Setelah itu, tuang sedikit demi sedikit cuka ke lubang yang sama. Jika sudah, tutup bibir lubang drainase tersebut dan tunggu beberapa menit agar kedua bahan tadi bereaksi.

Jika sudah, tuang air panas untuk melakukan pembilasan. Lakukan langkah di atas beberapa kali hingga masalah wastafel yang mampet bisa diatasi dengan baik.

Nah, beberapa langkah di atas adalah solusi awal yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah wastafel yang mampet di rumah Anda. Hanya saja, untuk memastikan aliran air wastafel lancar, terutama untuk masalah yang lebih serius, maka Anda disarankan untuk memanggil jasa mengatasi wastafel mampet demi perbaikan yang lebih baik dan profesional.

Clean House, Solusi Professional Masalah Wastafel Mampet. Sebagaimana disinggung di awal, memanggil penyedia jasa wastafel mampet adalah solusi terbaik yang bisa Anda lakukan. Penyedia jasa ini tentu senantiasa siap membantu Anda mengatasi berbagai masalah penyumbatan saluran air, termasuk pada wastafel.

Nah, salah satu jasa wastafel mampet yang bisa menjadi pilihan Anda di rumah adalah clean house.

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memanggil clean house sebagai jasa wastafel mampet untuk mengatasi masalah yang terjadi di rumah Anda. beberapa keuntungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tidak Perlu Membongkar Pipa Wastafel

Seringkali, membongkar pipa menjadi salah satu solusi yang diambil untuk mengatasi masalah wastafel yang mampet. Hal ini dilakukan terlebih pada pipa yang memiliki diameter kecil sehingga aliran air cukup susah untuk mengalir.

Tentu saja, membongkar pipa membutuhkan tenaga yang lebih banyak. Terlebih, ada kemungkinan pipa yang dibongkar rusak dan Anda harus membeli pipa yang baru. Dengan pengalaman yang dimiliki, petugas cleanhouse.id secara professional akan menangani masalah wastafel Anda yang mampet tanpa perlu membongkar pipa.

2. Waktu Pengerjaan yang Lebih Cepat

Tentu, Anda ingin masalah wastafel mampet ini segera bisa diatasi dan wastafel Anda bisa difungsikan kembali dengan normal, bukan? Nah, masalah waktu pembersihan kotoran penyebab wastafel mampet ini sebenarnya bergantung pada banyak dan sedikitnya kotoran serta sumbatan lainnya.

Hanya saja, Clean House secara professional akan membuat waktu pengerjaan menjadi jauh lebih cepat. Ada alat dan teknik khusus yang akan digunakan. Dengan demikian, dalam waktu yang relatif singkat, Anda akan bisa kembali menggunakan wastafel Anda di rumah tanpa adanya rasa khawatir lagi.


3. Menggunakan Peralatan yang Modern

Dalam setiap pengerjaan, petugas Clean House akan senantiasa menggunakan peralatan yang modern. Penggunaan alat-alat yang cenderung modern ini tentu saja akan membuat pengerjaan menjadi lebih efisien dan lebih cepat. Risiko kerusakan pada wastafel pun bisa sangat diminimalkan.

Tidak hanya itu, Clean House juga akan memberikan garansi dalam setiap pengerjaan. Artinya, jika wastafel yang sudah dibersihkan ternyata masih mampet, maka Anda akan mendapatkan servis ulang tanpa adanya tambahan biaya yang harus dikeluarkan. Sangat menarik, bukan?

Nah, dengan menggunakan jasa wastafel mampet Clean House, maka Anda tidak perlu bingung lagi perihal masalah wastafel yang mampet. Segera hubungi CS Clean House dan dapatkan penawaran menarik untuk mengatasi masalah wastafel mampet di rumah Anda dengan efisien dan maksimal. Semoga bermanfaat!

Testimoni Clean House

=